Minggu, 24 Juli 2011

AC Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh


Air Conditioner (AC) yang terpasang di rumah bukan menjadi salah satu kunci utama mengatasi masalah kepanasan, tetapi justru cenderung berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa efek penggunaan AC yang berlebihan bagi kesehatan tubuh.

Penyebar kuman dan debu halus


Pada lingkungan dingin AC di klaim sebagai media yang cepat menyebarkan kuman, dengan mengalirkan udara yang sama yang terus beredar di tempat bekerja. Jadi Anda disarankan untuk menutup mulut menggunakan masker saat sedang terserang flu, batuk dan bersin.

Tidal hanya itu, AC juga disebut-sebut sebagai penyebar kotoran/debu halus (jika tidak sering dibersihkan), yang dapat meningkatkan masalah pernapasan seperti rhinitis alergi, peradangan pada hidung, bahkan lebih.

Banyak orang sudah tua juga mengeluhkan nyeri otot jika terkena AC untuk jangka waktu lama. Solusi untuk masalah ini adalah menutupi selimut tebal di atas kondisioner. Hal ini untuk menghindari debu dan juga cukup mengontrol kecepatan pendinginan.

Sarang bakteri

Tempat tetesan air AC perlu sering dibersihkan sehingga organisme mikro seperti bakteri tidak dapat berkembang biak. Selain itu, saluran ventilasi perlu sering cek. Umumnya itu menjadi tempat tinggal tikus dan kuman lainnya.

Sebabkan obesitas

AC bahkan dikatakan mengurangi tingkat metabolisme sehingga menyebabkan kenaikan berat badan pada manusia.

Pemicu sindrom

Ada sebuah sindrom baru yang disebut sindrom gedung sakit (sick building syndrome) yang kebanyakan terjadi ketika AC kondisinya tidak baik dan mengakibatkan berbagai bahaya bagi kesehatan seperti sakit kepala, iritasi di mata, hidung, atau tenggorokan, kulit kering atau gatal dan pusing.

Sebaiknya, bukalah jendela setidaknya selama akhir pekan, minum air lebih banyak saat bekerja dapat membantu dalam menyembuhkan masalah ini.

Menimbulkan penyakit

Keluhan yang umumnya muncul dari orang-orang yang bekerja dengan AC, seperti masuk angin, sakit kepala, dan migrain. Beberapa dokter bahkan menyatakan bahwa AC sejauh ini lebih baik daripada udara alami yang sudah tercemar karena mereka sudah disaring berkali-kali.

Sumber

Baca Juga



1 komentar: