Rabu, 13 April 2011

Vitamin D, Senjata Super Untuk Sistem Kekebalan Manusia


Vitamin D ternyata memainkan peranan penting dalam memerangi infeksi. Menurut penelitian terakhir, vitamin ini salah satu senjata yang paling penting dalam gudang kekebalan tubuh.

Penemuan ini dapat membantu dalam pengembangan vaksin baru dan cara-cara untuk memerangi penyakit auto-imun dan kanker. Telah diketahui bahwa vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan kesehatan tulang, dan beberapa penelitian menunjukkan ini memiliki efek anti kanker.

Tapi sampai penelitian terbaru tidak menyadari apa yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan. Sebuah tim ilmuwan dari Denmark menemukan bahwa vitamin D dapat mengubah inert T-sel - salah satu sel darah putih tubuh yang melawan infeksi- menjadi "pembunuh" sel-sel yang tidak diinginkan dengan mencari dan menghancurkannya. Tanpa vitamin D, sel-sel tetap aktif tetapi tidak mampu untuk menanggapi ancaman.

Mekanisme melalui vitamin utama T-sel melibatkan perubahan kimia yang memungkinkan sel untuk mengenali dan merespon protein asing berbahaya.

Beberapa dari T-sel yang diaktifkan oleh vitamin D menjadi "pembunuh" sel, salah satu senjata yang paling ampuh dalam sistem kekebalan. Mereka menyerang dan menghancurkan apa pun yang membawa jejak molekul sasaran, termasuk sel-sel kanker. Sedang yang lainnya berubah menjadi "pembantu" sel-sel yang memungkinkan sistem kekebalan tubuh untuk memperoleh sebuah "memori". Mereka mengirim pesan tentang target sel-sel imun lain sehingga mereka dapat mengenali hal itu pada pertemuan berikutnya.

Para ilmuwan Denmark melakukan tes laboratorium dengan sel-T manusia yang menunjukkan bagaimana vitamin D diperlukan untuk memicu sinyal enzim yang vital. Tanpa sinyal ini, T-sel tidak diaktifkan bila terkena jejak penyerbu asing.

Profesor Carsten Geisler, dari University of Copenhagen, yang memimpin penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Nature Immunology, berkata: "Jika sel-T tidak dapat mendapatkan cukup vitamin D dalam darah, mereka tidak akan mulai memobilisasi.

"Para ilmuwan telah mengenal lama bahwa vitamin D penting untuk penyerapan kalsium dan vitamin ini juga terlibat dalam penyakit-penyakit seperti kanker dan multiple sclerosis, tetapi apa yang kita tidak menyadari adalah bagaimana vitamin D penting untuk benar-benar mengaktifkan kekebalan sistem - yang kita tahu sekarang.”

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/03/08/brk,20100308-230898,id.html

Baca Juga



1 komentar: