Sabtu, 30 April 2011

Sejarah Gelar Baru Prince William Of Wales


Ratu Inggris, Elizabeth II menetapkan gelar kebangsawanan bagi Pangeran William dan istrinya Kate Middleton. Gelar yang akan disematkan bagi William adalah Duke of Cambridge, Earl of Strathearn and Baron Carrickfergus.

Pernyataan resmi Ratu Elizabeth tersebut membuahkan sebutan bagi Pangeran William adalah His Royal Highness The Duke of Cambridge dan Kate Middleton dengan sebutan Her Royal Highness The Duchess of Cambridge.

Sejarah gelar dari Duke of Cambridge dapat dipaparkan sebagai berikut, seperti dikutip dari keterangan ST James Palace, di Jakarta, Jumat (29/4/2011).

Gelar Duke : pada 1706 George Augustus saat menjadi Raja George II disematkan gelar lain dari Duke of Cambridge pada saat ayahnya, George of Ludwug, naik tahta di tahun 1714. Dia pun diberi gelar Duke of Cornwall dan menciptakan gelar Prince of Wales atau bisa disematkan kepada Putra Mahkota Kerajaan Inggris.

Namun pada saat dirinya naik tahta pada 1727, gelar Duke of Cambridge ini melebur bersamaan dirinya menjadi raja.

Cambridge sebelumnya adalah gelar kebangsawanan. Empat anak Raja James II, disematkan gelar Duke of Cambridge ini. Sedangkan gelar Earl Cambridge sendiri merupakan gelar kebangsawanan di zaman pra-sejarah. Raja Edward IV adalah Duke of York dan Earl of Cambridge hingga akhirnya ditunjuk sebagai Raja Inggris di tahun 1461 dan gelarnya pun melebur ke gelar raja.

Gelar Duke of Cambridge sempat menghilang pada saat kematian Duke of Cambridge kedua di tahun 1904. Hingga tahun 1917 gelar ini hanya berbentuk marquee dan disematkan kepada adik Ratu Marry, hingga tahun 1981. Saat wafat, gelarnya pun gugur.

Gelar Earl of Strathearn: Strathearn dijadikan gelar kebangsawanan sejak Robert Stewart yang menjadi penguasa Skotlandia menciptakan gelar Earl of Strathearn pada 1357.
Pada tahun 1371, Robert Stewart naik tahta sebagai Raja Skotlandia dan menggantikan pamannya. Gelarnya pun berubah menjadi Raja Robert II dan gelar Earl of Strathearn nya pun berpindah ke anaknya David pada 1371 silam.

Tahun 1766 adik bungsu Raja George III yakni Pangeran Henry Frederick diberikan gelar Duke of Cumberland and Strathearn. Gelar ini kosong pada tahun 1790 dan baru disematkan kepada ayah Ratu Victoria pada 1799 dengan gelar Duke of Kent and Strathearn. Gelar kebangsawanan ini punah saat dirinya meninggal pada 1820.

Baru pada tahun 1874 putra ketiga Ratu Victoria yakni, Pangeran Arthur William Patrick Albert, diberi gelar Duke of Connaught and Strathearn di tahun 1874.
Pangeran Arthur meninggal pada 1942 dan gelarnya diberikan kepada cucunya yang meninggal pada 1943. Hal inilah yang menyebabkan gelar Strathearn punah.

Gelar Baron Carrickfergous: Gelar kebangsawanan Irlandia Chichester of Carrickfergus diciptakan pada 1625, namun gelar Carrickfergus berdiri sendiri pada 1841 dan 1883.
Saat itu Marquee of Donegall yang memegang gelar tersebut disematkan gelar Baron Ennishowen and Carrickfergous. Dia meninggal pada 1883 dan kekuasaannya dipegang oleh adiknya serta gelarnya pun punah.

Carrickfergus adalah kota tertua di wilayah Antrim. Kata Carrifergus berarati Rock of Fergus, sebuah wilayah pemukiman yang berada di Belfast. Letaknya berada di wilayah utara pantai Belfast Lough dan tempat Kastil Carrickfergus berada. Kastil tersebut dibangun pada 1180 dan merupakan kastil yang terawat di Irlandia.

Sumber : http://international.okezone.com/read/2011/04/29/414/451449/

Baca Juga



2 komentar: