Selasa, 02 Agustus 2011

Bali Segera Miliki Bus Rapid Transit


Bus Rapid Transit (BRT) Trans Sarbagita yang merupakan singkatan dari Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan ini dipastikan akan segera beroperasi mulai Agustus ini.

Dari 15 unit bus yang didatangkan dari Jakarta, saat ini sudah tiba lima unit bus dan 10 unit sisanya akan tiba sebelum 10 Agustus. Ke-15 unit bus itu akan beroperasi di koridor II, yaitu rute Terminal Batubulan di Gianyar menuju ke Nusa Dua di Badung. Di sepanjang rute itu sudah terbangun 24 unit halte.

Satu unit bus itu mampu menampung sebanyak 40 penumpang duduk dan 20 penumpang berdiri. Tarif untuk umum sebesar Rp 3.500 dan pelajar Rp 2.500.

"Bus sudah dapat dinikmati pada Agustus ini, tetapi saya belum dapat menentukan tanggal pasti beroperasinya," kata Kepala Dinas Perhubungan, Informasi, dan Komunikasi Provinsi Bali I Made Santha, Selasa (2/8/2011) di Denpasar.

Bus yang sudah tiba di Bali masih berplat merah dengan wilayah Jakarta (pelat B). Untuk dapat dioperasikan, pelat harus dimutasi menjadi pelat kuning dengan wilayah Bali (DK).

Untuk penyediaan transportasi massal ini, Pemerintah Provinsi Bali berencana mengoperasikan tiga koridor bus Trans Sarbagita. Selain koridor II yang akan beroperasi Agustus ini, koridor lainnya adalah koridor I dengan rute Patung Catur Muka, Depansar, menuju ke Patung Garuda Wisnu Kencana, Jimbaran. Koridor III dengan rute Jalan Gatot Subroto-Canggu-Bandara Ngurah Rai.

Menurut Santha, untuk koridor I, pihaknya akan mendatangkan sebanyak 20 unit bus ukuran sedang, yaitu berkapasitas 25 penumpang duduk dan 15 penumpang berdiri. Koridor ini rencananya akan beroperasi pada 2012. "Rute yang dilewati jalannya sempit sehingga busnya tidak terlalu besar," katanya.

Sementara untuk koridor III akan menggunakan bus besar dan bus sedang. Koridor ini akan beroperasi maksimal pada tahun 2013. Pengadaan bus tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Bali yang kini semakin parah.

Sumber

Baca Juga



2 komentar: